- Definisi EC
Electronic Commerce (EC) adalah "proses pembelian, penjualan, atau pertukaran produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer"
- E - Commerce E - Business
- E - Commerce : segala kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara elektronik, termasuk internet
- E - Business : segala aspek yang ada di dalam e - commerce, plus bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal dalam organisasi)
- Teknologi E - Commerce
- Electronic Markets : Untuk melakukan / menyajikan penawaran dalam suatu segmen pasar.
- EDI (Electronic Data Service) : Sistem standarisasi pengkodean transaksi perdagangan sehingga memungkinkan adanya komunikasi langsung dari sistem komputer ke sistem komputer yang lain antar organisasi
- Internet Commerce : Untuk kegiatan pengiklanan dan penjualan produk dan jasa.
- Keuntungan E - Commerce
- Membuat pasar nasional ataupun internasional semakin mudah dicapai.
- Home shopping and delivery.
- Kekurangan E - Commerce
- Belum adanya standarisasi keamanan.
- Legal issues yang belum pasti (ketidakjelasan hukum).
- Tipe – tipe E - Commerce
- • Business to Consumer
- • Business to Business
- • Consumer to Consumer
- • Business to Employee
- • E-Government
- • Mobile Commerce (M-Commerce)
- Menurut Michael Rappa, model bisnis dalam e - commerce dibagi menjadi :
Advertising
Infomediary
Merchant
Manufacturer
Affiliate
Community
Subscription
Utility
Tidak ada komentar:
Posting Komentar