Senin, 28 Desember 2015

E-Commerce

  • Definisi EC
Hasil gambar untuk e commerce 
Electronic Commerce (EC) adalah "proses pembelian, penjualan, atau pertukaran produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer"
  • E - Commerce E - Business
  1. E - Commerce : segala kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara elektronik, termasuk internet
  2. E - Business : segala aspek yang ada di dalam e - commerce, plus bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal dalam organisasi)
Definisi e - business lebih luas dari e - commerce
  • Teknologi E - Commerce
  1. Electronic Markets : Untuk melakukan / menyajikan penawaran dalam suatu segmen pasar.
  2. EDI (Electronic Data Service) : Sistem standarisasi pengkodean transaksi perdagangan sehingga memungkinkan adanya komunikasi langsung dari sistem komputer ke sistem komputer yang lain antar organisasi
  3. Internet Commerce : Untuk kegiatan pengiklanan dan penjualan produk dan jasa.
  • Keuntungan E - Commerce
  1. Membuat pasar nasional ataupun internasional semakin mudah dicapai.
  2. Home shopping and delivery.
  • Kekurangan E - Commerce
  1. Belum adanya standarisasi keamanan.
  2. Legal issues yang belum pasti (ketidakjelasan hukum).
  • Tipe – tipe E - Commerce 

  1. • Business to Consumer
  2. • Business to Business
  3. • Consumer to Consumer
  4. • Business to Employee
  5. • E-Government
  6. • Mobile Commerce (M-Commerce)

  • Menurut Michael Rappa, model bisnis dalam e - commerce dibagi menjadi :
Brokerage
Advertising
Infomediary
Merchant
Manufacturer
Affiliate
Community
Subscription
Utility

Tidak ada komentar:

Posting Komentar