Senin, 28 Desember 2015

Jaringan Komputer

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
  • Network Interface Card (NIC)
Perangkat keras yang ditambahkan pada komputer yang hendak dihubungkan ke jaringan komputer (LAN). NIC yang paling umum yaitu Ethernet Card. Pada beberapa motherboard sudah ada yang memiliki NIC terintegrasi didalamnya. 
  • LAN
adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot

  • Modem
Modem (modulation demodulation) adalah alat yang digunakan untuk melakukan proses pengubahan data digital menjadi analog atau proses pengubahan data analog menjadi digital. Merupakan perangkat untuk koneksi ke internet, yang disebut Dial-Up.
  • Analog, Digital, Modem

  • Macam Macam Modem
Modem terdiri dari internal, eternal, pc card modem. Tingkat kecepatan modem antara lain 14.4 kbps, 33.6 kbps, dan 56 kbps.
  • WiFi
Hasil gambar untuk wifi 
Alat untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet tanpa kabel (nirkabel). Jaringan nirkabel menggunakan transmisi gelombang radio dua arah untuk komunikasi dengan pemancar "Access Point" yang secara fisik terhubung pada kabel jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar