Senin, 28 Desember 2015

Isu Terkini Tentang Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Informasi Terbaru

 Source : www.teknologi.gravisware.com
Sekelompok ilmuwan teknologi informasi di Industrial Technology Research Institute (ITRI) telah menemukan layar monitor setipis kertas. Layar monitor ini juga bisa ditekuk dan digulung seperti layaknya kertas biasa tanpa rusak sedikitpun. Sehingga hasil teknologi komputer ini mampu disatukan dengan kertas koran untuk menampilkan gambar bergerak bak poster hidup di film Harry Potter. Layar monitor tipis ini dinamai FlexUPD.
Layar tipis ini diklaim dapat diintegrasikan dengan beberapa teknologi layar monitor terkini seperti LCD, LED, bahkan OLEDs (organic light-emitting diodes). Karena tipis dan ditambah dengan teknik layout dan percetakan terbaru, maka akan sangat mungkin bagi FlexUPD untuk ‘ditempelkan’ ke kertas koran untuk menampilkan gambar hidup maupun film yang berhubungan dengan berita yang tengah disajikan dalam koran tersebut.

Green ICT
ICT adalah kepanjangan dari Information and Communication Technology.
Green ICT merupakan sebuah konsep yang di kaitkan dengan upaya mengurangi konsumsi energi dan sumber daya alam lainnya, di samping emisi dan sampah yang dihasilkan dari kegiatan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. intinya pengusaha atau siapapun yang terkait dengan bidang ICT di
harapkan mampu melakukan Efisiensi untuk mendukung pelestarian lingkungan di sekitarnya.
Contoh :
email : sebagai bentuk peduli lingkungan dalam hal pengurangan penggunaan kertas, (shg mengurangi penebangan pohon sbg bahan dasar kertas).
Telekonferensi : dapat mengurangi biaya perjalanan dan berdampak pd penurunan emisi karbon dan pemanasan global (dampak dari kendaraan).

Salah satu perusahaan ICT yang mulai mempraktikkan green ICT adalah PT XL Axiata Tbk
Konsep green ICT di XL merujuk pada usaha ikut menyelamatkan bumi dari berbagai ancaman perusakan caranya :
  1. Non-CFC untuk air conditioner (AC)
  2. Charge Discharge Battery (CDC). CDC merupakan kombinasi antara penggunaan baterai dan genset secara bergantian sehingga mengurangi operasi genset dari 24 jam sehari menjadi hanya 11 jam sehari.
  3. BTS dengan Intelligent Ventilation System (IVS), yakni sistem pendinginan dalam shelter yang mengombinasikan antara DC fan dan AC, sehingga pengoperasian AC berkurang hingga 30%.
  4. Teknologi BTS dan jaringan, mampu menekan konsumsi energi hingga 60%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar